Minggu, 18 Oktober 2020

Apa itu WFH atau Work From Home

Apa itu WFH atau Work From Home

Sebelum jauh membahas WFH dalam dunia IT, ada beberapa permasalahan kenapa hal ini harus dibahas lebih detail dan dikupas tuntas yaitu bagaimana pengoperasikan komputer kantor beserta aplikasinya tanpa mengurangi sedikitpun fiturnya.

Istilah ini muncul sejak maraknya virus covid 19, sebagai IT saya akan bahas bagaimana seorang IT melakukan kebijakan kebijakan teknologi supaya operasional sistem perusahaan tetap berjalan seperti biasa.

Bagaimana kita sebagai IT menyikapi hal ini ?

Banyak pilihan atau alternatif dalam hal ini, yang perlu dilakukan lebih dulu adalah mengenali sistem perusahaan itu sendiri :

1. Apakah perusahaannya sudah online semua.

2. Apakah perusahaan semi online (beberapa system sudah online intenet) dan sebagian adalah menggunakan sistem jaringan lokal saja.

3. Atau sistem perusahaan sudah komputerisasi tetapi belum menggunakan sistem

Menurut saja pilihan pertama dan ketiga sama sekali tidak berdampak apa apa bila WFH diterapkan, akan saja jelaskan :

Untuk pilihan pertama, umumnya sudah menggunakan database webserver artinya semua sistem operasional data sudah terpusat dan bisa dioperasionalkan seperti biasa, bisa dioperasionalkan melalui internet kapanpun dan dimanapun. 

Untuk pilihan ketiga  seratus persen enjoi aja artinya kerja dari laptop disimpan pada harddisk lokal ataupun flashdish, udah selesai.

Untuk pilihan kedua inilah yang memusingkan para IT bagaimana cara supaya operasional system tetap berjalan normal seperti biasa. Pada umumnya perusahaan semi online ini mempunyai beberapa sumber data yaitu sumber internal dan sumber external. 

Saya akan bahas gambaran sistem jaringan semi online atau jaringan local saja, baca terus ya...  


Jika Anda membutuhkan bantuan setting hubungi kami



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara meremote komputer jarak jauh dari windows 10

Cara meremote komputer jarak jauh menggunakan VPN dengan sistem operasi windows 10. Silahkan klik Control Panel >> Network and Sharing...