Senin, 19 Oktober 2020

Cara meremote komputer kantor dari cabang atau rumah (Langkah Pertama)

Apasaja yang dibutuhkan untuk meremote komputer kantor dari dari kantor cabang atau rumah :

1. Langganan Internet dalam contoh ini saya menggunakan langganan internet Indihome

2. Microtic untuk pengaturan sistem jaringan

3. Swicth Hub untuk menerapkan pada komputer banyak

Baik pembahasan dimulai dari Microtik karena ada beberapa alat (device) yang diperlukan untuk membuktikan setup anda berhasil konek dengan komputer lainnya. 

 

MIKROTIK

Adalah sebuah sistem operasi termasuk di dalamnya perangkat lunak yang dipasang pada hardware atau  komputer sehingga dapat berperan sebagai pengendali atau pengatur lalu-lintas data antar jaringan.

 

Gambar router dari posisi atas


Gambar router dari posisi samping

 

Bagaimana cara memasang pengkabelannya, perhatikan gambar dibawah ini :

Sekarang anda silahkan download aplikasi mikrotik untuk melakukan setting jaringan, kemudian jalan seperti perintah dibawah ini :

Aplikasi Winbox

Pertama adalah nyalakan mirotiknya sampai bunyi tit sekali dan tunggu beberapa detik jalankan aplikasi winbox. Arahkan ke neighbors dan klik refresh, masukkan login admin dan password kosong, dan klik Connect, bila tidak berhasil konek silahkan masukkan nomor ip 192.168.88.1 atau mac address pada label yang menempel pada mikrotik. 

Mac Addres yang saya maksud adalah pada gambar diatas yang setengahnya saya coret coret warna merah.

bila berhasil maka hasilnya seperti gambar dibawah ini  :

Tampilan Winbox setelah berhasil login

Sebelum teman teman setting address alangkah baiknya melihat IP Internet terlebih dahulu dengan melihat pada Control Panel >> Network and sharing center >> pilih Lan atau wifi yang sudah ada internetnya sebagai acuan nomor ip internetnya, setelah ini akan muncul seperti dibawah ini :


Yang perlu di catat adalah ip address (192.168.0.7) dan gateway (192.168.0.1) sebagai sumber internet

Langkah 1

Pada pilihan menu disamping kiri pilih menu IP >> Address sehingga muncul seperti gambar dibawah, tekan tombol plus ( + ), masukkan pada address 192.168.5.1/24, apakah ip lainnya bisa jawabnya bisa, contohnya 192.168.100.1/24atau lainnya. kemudian pada interface pilih ether2 artinya bahwa pada port mikrotik nomor 2 disetting menggunakan kelas ip tersebut.

 

Address
Address untuk konfigurasi LAN

 Langkah 2

Pilih menu IP >> DHCP Client untuk setup internet,klik puls (+) sehingga muncul dialog baru, pada interface pilih ether1 karena sumber internet adalah dari port nomor 1 (sesuaikan seperti dialog dibawah) kemudian klik apply. Perhatikan pada kolom status jika masih search biarkan saja dan silahkan klik enable, tunggu sampai status berubah menjadi bound kemudian klik OK. ini artinya bahwa microtik pada port 1 sudah konek internet. saatnya untuk menguji koneksi internet, lanjut ke langkah berikutnya.

DHCP Client
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

 Langkah 3

Pilih menu terminal, perhatikan tampilah yang seperti dos promp tersebut, ketik google.com jika muncul ip berarti anda sudah konek internet jika tidak konek yang perlu di periksa adalah port nomor 1 pada mikrotik apakah sudah terhubung dengan router internet atau belum, juga periksa kabel straight ataupun sumber internetnya.

Terminal (Dos Promp-nya mikrotik)

 Langkah 4

Melakukan setting NAT, ( hanya sekedar sharing ) Nat adalah protokol untuk merubah dari ip public menjadi ip private, contohnya adalah anda mempunyai satu IP Public tetapi anda mempunya penguna banyak (katakanlah 20 user) melalui fungsi Nat ini maka ke 20 user tersebut bisa online bersamaan dengan ip private.

Langsung setting mikrotiknya ya !!!

Pilih menu IP >> Firewall Kemudian muncul dialog seperti dibawah, pilih tab NAT

pada Chaint  pilih srcnat

pada Out Intercafe pilih Ether1

pindah tab Action masquerade 

Kemudian  klik Apply dan OK

 

NAT (Network Address Translation)

 
Langkah 5

Setting cloud, apa itu cloud dalam dunia mickrotik,  merupakan salah satu syarat mutlak untuk bisa di remote atau kontrol dari jauh.

Cara setingnya adalah Pilih IP >> Cloud, silahkan centang pada DDNS Enable kemudian klik Apply sehingga muncul pada Public Address dan DNS Name ( PERHATIKAN Stabilo Biru ). 

Perhatian : Untuk bisa diremote mohon diingat nama DNS Name karena ini adalah bersifat sebagai rujukan pertama kemudian user dan password.

Cara setup Cloud

 

Jika Anda membutuhkan bantuan setting hubungi kami


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara meremote komputer jarak jauh dari windows 10

Cara meremote komputer jarak jauh menggunakan VPN dengan sistem operasi windows 10. Silahkan klik Control Panel >> Network and Sharing...